Senin, 12 Juli 2010

Menulis Proposal untuk Berbagai Keperluan

· Proposal atau usulan kegiatan adalah rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja. Biasanya, proposal kegiatan diajukan kepada seseorang, lembaga, atau instansi yang berhubungan dengan bidang kegiatan yang akan dilaksanakan.

· Proposal diajukan dengan tujuan mendapatkan persetujuan atau izin atas kegiatan yang akan dilaksanakan. Akan tetapi, terkadang proposal diajukan dengan tujuan memohon bantuan dana. Penyusun proposal harus dapat merangkaikan hal atau masalah yang diusulkan dalam proposal dengan baik sehingga dapat meyakinkan penerima proposal untuk menyetujui proposal tersebut.

· Unsur-unsur dalam Proposal :

1. Rumusan Permasalahan; berisi latar belakang atau sejarah permasalahan yang dihadapi dan menunjukan pentingnya masalah tersebut untuk segera diselesaikan.

2. Saran Pemecahan Masalah dan Pengajuan Usul; adalah cara-cara pemecahan masalah yang dihadapi berkaitan dengan permasalahan yang telah diungkapkan. Saran pemecahan merupakan inti atau sasaran utama dalam pembuatan setiap proposal karena dalam bagian ini penyusun berusaha menyajikan jalan keluar atas masalah yang dihadapi. Selanjutnya, jalan keluar yang telah diuraikan tersebut dirumuskan dalam bentuk usulan berupa kegiatan. Untuk mencapai tujuan seperti yang diungkapkan dalam usulan tersebut, penyusun dapat memberi penjeladan secara singkat mengenai kegiatan yang akan dilaksanakan.

3. Teknik Pelaksanaan; adalah cara menyelesaikan permasalahan yang diajukan dalam proposal. Teknik pelaksanaan ini disampaikan unutk mencapai hasil yang diharapkan dan unutk meyakinkan penerima proposal bahwa permasalahan tersebut dapat diselesaikan secara logis dan tepat guna.

4. Jadwal Pelaksanaan Program; Jadwal pelaksanaan ini untuk memberikan gambaran kepada penerima proposal tentang kegiatan sejak dari awal hingga akhir.

5. Anggaran; adalah biaya yang diperlukan untuk menyelesaikan suatu permasalahan yang diungkapkan dalam proposal. Penyusun proposal biasanya akan mengajukan anggaran yang diperlukan secara efisien dan logis untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

6. Penutup; Bagian ini berisi tempat, tanggal penyusunan proposal, dan penanggung jawab proposal.